Friday, November 25, 2011

Nge-Blog!? So What Gitu Loh...

Hai.. Kembali lagi aku ke ranah dunia blog setelah sekian lama vakum, hehe..

Saat ini aku ingin sedikit menulis dan mengulas tentang cara-cara pembuatan account blog di www.blogger.com. Harapanku semoga posting-an ini dapat bermanfaat bagi kalian yang baru belajar untuk menjadi seorang blogger --pengguna blog.--

Sebelum menjelaskan langkah-langkah pembuatan sebuah blog, aku ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu blog?

Blog pada dasarnya serupa dengan website biasa yang berisi tentang catatan-catatan dari sang empunya blog di internet. Sederhananya, blog itu semacam diary yang juga berisi catatan-catatan pribadi baik itu secara harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan dari sang empunya diary. Bedanya bila diary bersifat rahasia atau menjadi konsumsi pribadi sedangkan blog bersifat publik yakni sang pemilik blog berharap agar sebanyak mungkin pengguna internet dapat membaca tulisan di blog yang dimilikinya.

Pada umumnya para blogger biasa mengkhususkan blognya dengan tema/topik tertentu, misalkan blog sebagai diary pribadi, blog fakultas, blog universitas, blog kesehatan, blog IT, blog kuliner dan lain sebagainya. Bahkan ada yang mengkhususkan blognya dengan tema/topik tentang kisah asmara bersama pasangannya masing-masing, serius lhoh ini. Tapi itu secara umum, kembali kepada pribadi masing-masing dari sang blogger. Banyak juga yang tidak mengkhususkan tema/topik dari blog-nya, pokoknya asal menulis dan mem-publish saja sebanyak-banyaknya. Contohnya ya saya ini. Ibaratnya es, blog ini adalah es campur, campur aduk isinya.

Ok tanpa perlu berpanjang lebar lagi, kita mulai saja langkah-langkah pembuatan blog.

1. Buka web browser anda (mozilla, Opera, IE, Chroome, Safari, etc),
2. Ketikkan "www.blogger.com" di addres bar anda,
3. Klik "Daftar Akun Google baru,"


4. Isi semua form data yang tersedia,
Setelah semua data terisi jangan lupa untuk klik tanda centang di Penerimaan Persyaratan, lalu klik "CONTINUE" atau "LANJUTKAN,"

6. Klik "CREATE YOUR BLOG" atau "CIPTAKAN BLOG ANDA,"
7. Beri judul dan nama domain blog yang anda inginkan. Disini saya sarankan untuk mengisi berdasarkan nama pribadi anda. Sebagai contoh penamaan blog milikku ini, untuk judul blog kuberi: Ferdinand Anaboeni Blog's. Untuk nama domain blog : ferdinand-anaboeni,
Lalu klik "NEXT" atau "LANJUTKAN,"

9. Dilangkah ini anda diminta untuk memilih salah satu template dari yang sudah disediakan. Bila kedepan anda merasa bosan dan ingin mengganti tampilan template blog anda, silahkan menggantinya sendiri sesuai dengan yang diinginkan --bisa mencari dari web-web penyedia template gratis khusus untuk blog.-- Bila sudah, klik "NEXT" atau "LANJUTKAN,"

10. Blog anda sudah jadi! Klik "MULAI BLOGING,"


11. Setelah mengklik tombol mulai blogging akan tampil halaman pengisian artikel. Gambar di bawah ini merupakan halaman pengisian artikel yang sudah disertai dengan contohnya,
Isi kolom judul untuk judul artikel, sedangkan kolom yang lebar di bawahnya untuk menulis artikel atau posting-an anda. Sedangkan untuk kolom label untuk mengisi jenis kategory artikel. Jika sudah diisi semua, tekan menu "TERBITKAN ENTRI", setelah itu akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah berhasil menerbitkan posting atau artikel seperti gambar di bawah ini. Untuk melihat tampilan artikel yang berhasil kamu buat tadi silahkan klik tombol "Lihat Entri".

13. Selamat anda telah berhasil membuat Blog milik anda sendiri. Jangan lupa makan-makannya ya, hehehe.. Sekian dari saya.


"Pesan Sosial : Jadilah seorang blogger sejati yang tanpa content berisi seksual, SARA, serta penjelek-jelekan sahabat, teman kerja maupun boss di kantor. Remember that !!"

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...