Monday, November 28, 2011

Langkah Mudah Mencari Driver Device Untuk PC/Notebook/Netbook

Hai semua.

Pagi ini di kantor tak ada pekerjaan yang terlalu urgent untuk dikerjakan, dan ini sudah kuprediksi semenjak kemarin dari rumah. Alasannya, semenjak 4 hari yang lalu yaitu hari kamis-sabtu tengah berlangsung pelatihan teknis komputer untuk para pegawai dan staff di UNDANA yang mana kami staff di Puskom UNDANA ditunjuk sebagai pengajar bagi pelatihan tersebut. Oleh karena itulah hari ini bisa dibilang sebagai masa rehat.

Beberapa materi yang diajarkan yakni,

a. Pengenalan Internet
b. Pengenalan E-mail
c. Pengenalan Yahoo Messenger (YM)
d. Pengenalan Blog

Kalau boleh jujur, materi ini sebenarnya tidak begitu cocok untuk sekelas staff pegawai. Mereka selayaknya mendapatkan materi yang lebih diatas dari itu. Namun bila melihat kondisi selama pelatihan berlangsung, tak ada salahnya mengajarkan materi-materi tersebut. Alasannya sebagian besar dari mereka ternayata memang belum begitu mengerti dan paham tentang dunia Internet --karena faktor umur dan kurikulum yang berbeda sewaktu sekolah dan kuliah dulu kayaknya.-- Untungnya karena ketidakpahaman itu, mereka bersemangat dan mengikuti setiap pemaparan dari kami dengan seksama.

Good Job Guys !! "LEBIH BAIK TERLAMBAT DARIPADA TIDAK SAMA SEKALI."

Kembali ke topik utama, hari ini aku ingin sedikit membagi informasi tentang cara mudah mencari driver device untuk PC/Notebook/Netbook, terispirasi dari apa yang saat ini sedang kukerjakan, menginstall ulang windows di laptop milik kak Tina --salah satu sahabat dari kakakku.--

Ok kita mulai saja. Sebenarnya sebagian besar driver komputer maupun device yang lainnya sudah disediakan dari si vendor-nya bersamaan saat kita membeli PC atau Laptop. Dalam beberapa kasus, Diver yang kita punya ternyata hilang, rusak --corrupt-- atau tak tahu disimpan dimana. Inilah yang akhirnya menjadi masalah, belum lagi si vendor tidak menyediakan driver tersebut di website resminya.

Berikut ini saya akan coba memberikan beberapa langkah/tips bagi yang kesulitan mencari driver komputer atau device lainnya. Berikut langkah-langkahnya :

1. Jangan panik, berpikir jernaih dan berkepala dingin --asal jangan dengan cara menyiram air di kepala bila belum waktunya mandi,--
2. Klik kanan icon My Computer > Properties,
3. Pilih tab hardware > Device Manager,
4. Klik kanan driver yang tidak di kenali atau simbol "?" berwarna kuning, kemudian pilih properties,
5. Pilih tab Details, hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini,


6. Tekan Ctrl+c pada kursor di bawah Device Intence Id atau catat informasi tersebut di buku atau kertas,
7. Selanjutnya kita menuju ke website http://devid.info,
8. Paste-kan device id tadi ke dalam form searching yang tersedia di web tersebut,
9. Download file installer yang dimaksud.



"Pesan Sosial : Jangan pernah sekali-kali membuang CD Installer PC/laptop anda, terlebih memakannya. Simpan dengan baik dan bila perlu buat backup dari CD tersebut."




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...